Sunday, February 17, 2013


KIR (Kelompok Ilmiah Remaja) An-Nahl MAN Kota Kediri 3 mengadakan Lomba Presentasi dan Desain Poster pada 9-10 Februari 2013. Lomba yang diadakan di aula MAN Kota Kediri 3 ini merupakan acara wajib tahunan KIR untuk anggota kelas X. Dalam lomba yang diketuai oleh Quntum Chanif Firdausyi (XI-IPS 1) ini, peserta diberi waktu sekitar dua bulan sejak 9 Desember lalu untuk persiapan. Peserta yang berjumlah kurang lebih 30 anak dibagi menjadi beberapa kelompok yang tiap-tiap kelompok terdiri dari 2-3 anak.

Ada tiga macam penilaian dalam lomba ini. Pertama adalah lomba makalah yang sudah dilaksanakan tiga hari yang lalu. Tema dari pembuatan makalah ini dibebaskan dari panitia. Yang kedua adalah lomba desain poster yang dilaksanakan hari ini. Tema desain poster ini masih berhubungan dengan tema makalah yang diangkat peserta. Begitu pula lomba presentasi  yang diadakan esoknya, juga masih satu tema dengan makalah.
Dalam pembuatan desain poster, peserta harus mencantumkan hasil karya desain grafis. Anggota KIR An-Nahl ternyata juga mendapat materi desain grafis dari pembina Desain Grafis langsung yaitu Agustin Wilujeng, S.Kom. Untuk lomba presentasi, peserta menampilkan hasil penelitian mereka dalam bentuk power point text.


Juri yang ditunjuk dalam kegiatan ini adalah guru-guru MAN Kota Kediri 3 yang memang berkompeten dibidangnya, yaitu Agustin Wilujeng, S.Kom dan Nur Hadi, S.Pd. “Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kreatifitas anggota KIR khususnya bagi kelas X  dan juga untuk mengembangkan hasil penelitian mereka (peserta)”, jelas Hidayatul penelitian Lomba Presentasi dan Desain Poster. 


Pemenang lomba menulis berita juara 2
OLEH: Astin Kusuma 
SUB: Komunitas Pujangga Muda
Kelas: X-AXEL B